Nasionalisme

Apa sih yang ada di benak kamu begitu mendengar kata nasionalisme?

Apakah kamu sudah merasa memiliki rasa nasionalisme untuk Indonesia?

Menurut situs wikipedia, Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional.

Baku banget ya kata-kata di atas yang menjelaskan tentang nasionalisme. Rasanya males banget bacanya, tiba-tiba ingat jaman sekolah dulu, pelajaran PPKN (Kewarganegaraan). Dulu sih apal banget arti-arti dari Pancasila, butir-butirnya dan sedikitnya UUD’45. Tapi sekarang, coba liat diri kita sendiri. Sudahkan mengamalkan semua norma-norma dari nasionalisme itu sendiri?

Berkaca aja dari kehidupan kita sehari-hari. Bangun pagi, berangkat sekolah, kuliah atau ngantor, trus pulang ke rumah. Bisa kok keliatan norma-norma apa saja yang sering kita hadapi. Setiap hari kita di hadapi dengan rutinitas majemuk yang selalu mengikuti apa yang sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari tanpa mempedulikan lingkungan di sekitar kita.

Ada sih beberapa hal yang paling gampang untuk di amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk ikut menjunjung tinggi nilai nasionalisme. Salah satu hal itu adalah dengan hidup bersih dan sehat. “Looh, kok bisa?”.. Iyes, dengan kita menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita, secara tidak langsung akan menciptakan kehidupan yang bersih dan sehat untuk diri kita sendiri maupun orang lain.

Membuang sampah di tempat sampah merupakan norma nasionalisme dalam kehidupan modern saat ini yang sudah di lupakan banyak orang. Hal ini adalah hal yang paling mudah kita lakukan sendiri. Coba bayangkan jika seluruh penduduk Jakarta membuang sampah di tempat yang telah di sediakan. Pasti lingkungan tempat tinggal kita jadi nyaman, bersih dan sehat. Secara tidak langsung kita ikut membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Nasionalisme yang di artikan secara harfiah adalah membela kedaulatan negara dan mempertahankannya demi kepentingan bersama untuk rakyat Indonesia. Tapi hal tersebut kadang luput oleh pandangan kita dalam mengartikan arti sesuangguhnya dari sebuah kata nasionalisme. Yaa.. nasionalisme tersebut bisa kita bangun dari diri kita sendiri dengan menjalankan norma-norma dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sebenernya bukan hal yang sulit kok, mungkin kalo di rumah kita udah terbiasa membuang sampah di tempat sampah, karena kita tidak mau rumah kita kotor dan banyak penyakitnya. Tapi coba kalo kita lagi di luar rumah. Di jalan, di lingkungan kerja kita, lingkungan kampus maupun di sekolah. Adakah kesadaran kita untuk membuang sampah pada tempatnya? Saya rasa enggak. Apalagi jika tidak ada orang yang menyaksikan kita. Kita bisa seenaknya aja membuang sampah di sembarang tempat dengan dalih, “Kan udah ada petugas kebersihan di jalan”. Apakah kita harus selalu tergantung kepada petugas kebersihan tersebut? Apakah kita harus menyerahkan semua sampah itu kepada petugas kebersihan? Apakah kita tidak memiliki rasa malu membuang sampah sembarangan?

Ini bukan masalah kasian kepada petugas kebersihan atau menyerahkan kebersihan kepada petugas kebersihan karena memang sudah menjadi pekerjaannya. Tapi ini merupakan masalah norma dan etika kita untuk menjaga tanah air Indonesia. Bagaimana caranya kita menjaga kebersihan ini dengan baik. Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk kita semua warga negara Indonesia.

Yuk, mulai hari ini dan tidak ada kata terlambat untuk itu. Mari kita buang sampah di tempat sampah dan ciptakan lingkungan kita bersih dan indah.

– MF –

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s