Mengenal lebih dekat The Witcher Card Game, Gwent!

playgwent-com_en_1466602976

Seperti yang kita tahu, bahwa CD Projekt RED sebentar lagi akan merilis Gwent: The Witcher Card Game untuk perangkat Playstation 4, Xbox One, dan PC. Kali ini saya akan mengajak gamer-gamer The Witcher Wild Hunt untuk mengenal Card Game yang diangkat dari serial game tersebut. Permainan kartu ini bisa di bilang gampang-gampang susah untuk di mainkan. Seperti yang pernah saya coba mainkan di dalam game The Witcher Wild Hunt yang sudah di rilis sebelumnya. Saya juga sedikit kerepotan karena belum memiliki dek kartu yang lengkap sehingga di butuhkan strategi yang tepat untuk memenangkan setiap permainan. Jika kamu penasaran, Gwent Card ini terdiri lebih dari 300 jenis kartu yang dapat dipilih dan dimainkan. Tidak menutup kemungkinan bahwa game developer CD Projekt RED akan menambahkan kartu-kartu tersebut pada masa perilisannya nanti yang saat ini masih dalam tahap Beta test. Sayang sekali saya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi Beta test yang saat ini sedang berlangsung. Tapi kamu tidak usah kawatir, Kita akan membahas permainan ini selengkap mungkin.

your_hand_2-15

Gwent adalah permainan kartu Dwarven yang mensimulasikan pertempuran antara dua pasukan tentara yang berlawanan. Kedai kecil di sebuah desa bernama White Orchard menjadi awal dari Geralt of Rivia mempelajari seni permainan kartu ini. Permainan ini akan di awali dengan lemparan koin untuk menentukan giliran pertama untuk menempatkan kartu. Pemain akan mengambil 10 kartu secara acak dari dek yang sudah di siapkan sebelumnya dan di berikan kesempatan untuk menukar 2 kartu yang tidak ingin di gunakan. Ketika pertandingan dimulai, pemain menempatkan satu kartu per giliran pada papan permainan yang terdiri dari 3 barisan tempur. Melee, Ranged, dan Siege secara horizontal dengan komposisi yang tepat sesuai dengan jenis kartu yang Kotakers miliki. Setiap kartu pada Gwent memiliki kekuatan berdasarkan point dan terdapat beberapa kartu yang memiliki kekuatan khusus dalam medan pertempuran. Selain itu terdapat juga kartu cuaca untuk mempengaruhi kekuatan tiap kartu yang sudah di susun di papan permainan. Tujuan utama di setiap putaran Gwent adalah memiliki poin lebih banyak dari lawan. Pemain pertama yang memenangkan dua ronde akan menjadi pemenang dalam pertandingan Gwent Card.

Terdapat 4 fraksi utama pada permainan Gwent yang dapat kamu pilih untuk memulai pertempuran. The Proud Skellige, Brutal Monsters, Cunning Northern Realms, Shadowy Scoia’tael, dan 1 fraksi Neutral. Setiap jenis fraksi memiliki ‘style’ bertarung yang berbeda-beda. Sebagai contohnya 1 kartu fraksi Monster tertentu dapat memanggil 2 kartu sekaligus pada papan permainan. Ada 1 dek fraksi utama lain yang bernama Nilfgaard yang belum di keluarkan oleh CD Projekt RED pada Gwent: The Witcher Card Game yang akan di rilis nanti yang sebelumnya sudah tersedia di awal permainan The Witcher Wild Hunt. Total kartunya jadi semakin banyak ya. Dalam 4 fraksi kartu utama, terdapat 3 Leader pada masing-masing fraksi tersebut dan memiliki kemampuan unik untuk mendukung permainan kamu.

Fraksi lainnya adalah fraksi Neutral. Fraksi ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan dengan salah satu Fraksi utama yang sudah dipilih sebelumnya. Setiap kartu fraksi utama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan kekurangan itu dapat tertutupi sempurna dengan menambahkan kartu fraksi Neutral yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Yang cukup menarik di antara kartu fraksi Neutral ini adalah kartu cuaca. Terdapat 4 Jenis kartu cuaca yang sangat penting untuk melakukan serangan pada setiap baris di papan permainan. Kartu cuaca Frost digunakan untuk menimbulkan status efek debuff pada row atau baris Melee yang menyebabkan semua point pada masing-masing kartu di barisan Melee menjadi bernilai 1 point. Begitu juga untuk kartu cuaca Fog yang menjadikan barisan Ranged bernilai 1 point setiap kartunya. Kemudian ada kartu cuaca Rain yang menjadikan barisan Siege juga bernilai 1 point setiap kartunya dan yang terakhir adalah Clear Skies yang dapat menormalkan semua debuffs pada setiap barisan kartu cuaca yang di gunakan. Kartu terakhir yang tidak kalah pentingnya dari fraksi Neutral adalah Commander’s Horn, kartu ini dapat melakukan status efek buff bernilai point ganda pada setiap row atau baris yang di pasangkan di sebelahnya.

1

Ada beberapa unsur menarik yang di tambahkan dari base game Gwent di The Witcher Wild Hunt sebelumnya. Pada game Gwent Card yang baru ini, kartu-kartu tersebut di kelompokkan menjadi 3 jenis. Yaitu Bronze, Silver, dan Gold yang mempengaruhi batasan jumlah Silver dan Gold per dek. Kemudian setiap kartu juga memiliki Rarity-nya masing-masing yang dapat kamu lihat di pojok kanan bawah kartu dengan warna yang mengindikasikan seperti warna abu-abu untuk kartu Common, warna biru untuk kartu Rare, warna ungu untuk kartu Epic dan warna jingga untuk kartu Legendary. Tambahan lainnya yang tidak kalah menariknya adalah terdapat 2 tambahan atribut posisi kartu Gwent yang awalnya hanya ada 3 baris yaitu Melee, Ranged, dan Siege. Posisi atribut tambahan pertama ini disebut Kartu Event yang berupa kartu mantra (magic) yang tidak di letakkan pada barisan di papan permainan. Kartu jenis terakhir adalah kartu panah berbentuk lingkaran yang berfungsi untuk masuk ke semua barisan yang ada di papan permainan. Sedangkan angka yang terletak di atas icon tersebut mengindikasikan kekuatan pointnya.

2

Banyaknya fraksi-fraksi yang tersedia untuk kamu pilih membuat permainan ini dapat memiliki puluhan pilihan pada pengaturan dek dan ratusan strategi yang harus di siapkan untuk menghadapi lawan bermain. Saya sangat mengakui bahwa CD Projekt RED telah berhasil mengembangkan kartu Gwent ini dengan sangat baik, dikemas dengan menarik di sertai fitur dan atribut-atribut unik pada setiap kartunya. Tidak hanya mode multiplayer battle yang di sediakan, rencananya tim developer juga akan membuat mode single player yang tidak kalah menariknya. Dengan interface baru yang sangat berbeda membuat Gwent card ini cukup memukau dari versi sebelumnya yang ada pada game The Witcher Wild Hunt. “Sekali mendayung dua pulau terlampaui”, CD Project RED telah sukses membawa The Witcher Wild Hunt sebagai “Game of The Year” dan tidak disangka-sangka sebuah mini game di dalam serial tersebut menjadi terobosan besar sebagai proyek lanjutan yang di kembangkan menjadi game kartu standalone yang harus kalian coba nanti. Saya pun sudah tidak sabar menunggu perilisan game Gwent ini yang kabarnya akan melaksanakan Closed Beta-nya pada awal maret tahun 2017. -MF-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s